PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pengertian, Konsep Dasar, dan Fungsi
Manajemen
Disusun Oleh :
Kelompok 1
Bahrul Ulung (1445140085)
Elna Tanti Kartika Putri (1445140083)
Ria Tio Fanta (1445143152)
Zainatul Hamdah (14451140097)
MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan atas
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat
menyusun makalah yang didalamnya terdapat pengertian, konsep dasar, dan fungsi
manajemen.
Penyusunan makalah ini tidak lepas dari
bantuan beberapa pihak yaitu :
1. Orang Tua yang telah memberikan fasilitas
serta selalu mendukung apa yang kami lakukan dan kerjakan
2. Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd selaku dosen
mata kuliah pengantar manajemen pendidikan yang selalu memberikan materi serta
motivasi kepada kami
3. Dede Hamdani, M.Pd selaku asisten dari Prof.
Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd yang selalu rela serta ikhlas membimbing kami di
mata kuliah pengantar manajemen pendidikan ini
4. Teman-teman manajemen pendidikan 2014 yang
selalu membantu memberikan saran dan kritik dalam pembuatan makalah ini
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini
masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan.Untuk itu kami sangat
mengharapkan kritik serta saran dari pembaca sekalian, semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kita semua.
Jakarta, 19 September 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar................................................................................
i
Daftar
Isi...........................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah.......................................................... 1
B. Identifikasi
Masalah................................................................. 2
C. Rumusan
Masalah.................................................................. 2
D. Kegunaan
Penulisan............................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Definisi
Konseptual.................................................................. 3
B. Penelitian
Yang Relevan......................................................... 4
C. Pembahasan........................................................................... 5
BAB II PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................. 10
B. Saran.......................................................................................
10
Daftar
Pustaka..............................................................................
11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai
manusia tidak terlepas dari pengelolaan dan pengaturan kehidupan, seperti
mengatur jadwal kuliah, mengatur rapat, mengatur rencana ke depan, sampai hal
terkecil pun harus diatur seperti waktu
makan, tidur, mandi, dan sebagainya. Jika dalam kehidupan kita tidak ada
pengaturan maka manusia tidak bisa menjalankan hidupnya dengan efektif dan
efisien serta tidak akan punya rencana untuk kehidupan dimasa yang akan datang.Dalam
teorinya hal tersebut dinamakan manajemen, namun itu semua hanya sebagian kecil
dari pengertian manajemen sedangkan dalam kenyataannya manajemen mempunyai
pengertian yang lebih luas tidak hanya sekedar mengatur dan mengelola.
Pada bahasan kali ini, kami akan mencoba
mengulas beberapa pengertian manajemen, konsep dasar manajemen, dan fungsi
manajemen, yang pada dasarnya akan kami jelaskan dari beberapa ungkapan para
tokoh, sumber referensi, serta dari jurnal penelitian.Maka dari itukami membuat
makalah ini.
Di kehidupan sekarang ini banyak manusia yang
tidak bisa merencanakan dan mengatur waktu serta kegiatan individual maupun
kelompok. Oleh karena itu, manajemen sangat berperan aktif dalam kehidupan seseorang
maupun kelompok. Ilmu manajemen sangatlah luas tapi di bahasan kali ini kami
hanya akan membahas tentang pengertian, konsep dasar, dan fungsi manajemen.
C. Rumusan
Masalah
Adapun
rumusan masalah yang disusun adalah sebagai berikut :
1.
Apa
yang dimaksud dengan manajemen?
2.
Bagaimana konsep dasar yang terdapat dalam manajemen?
3.
Apa saja fungsi dari manajemen?
D.
Kegunaan Penulisan
Kita dapat mengaplikasikan Ilmu Manajemen
dalam kehidupan sehari-sehari. Dan membuktikan bahwa Ilmu Manajemen sangat
berguna untuk masyarakat umum khususnya mahasiswa serta dapat menambah wawasan
ilmu pengetahuan tentang manajemen.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Konseptual
1.
Mary Parker Follet (1997)
Manajemen
adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Management is the art of getting things done through people.
2.
A.F. Stoner (2006)
Manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya
yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya.
3.
Thomas H. Nelson
Manajemen
adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan, dan orang-
orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan
menguntungkan.
4.
G.R. Terry
Manajemen
diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan
dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan
sumber daya lainnya.
5.
Prof. Drs. Oei Liang Lie
Manajemen
adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengkoordinasian, dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber
daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
B.
Penelitian yang Relevan
Manajemen menurut Ngalim
Purwanto adalah proses untuk menyelenggarakan dan mengawasi suatu tujuan
tertentu[1]
C.
Pembahasan
1.
Pengertian Manajemen
Kata
manajemen berasal dari bahasa Perancis Kuno menagementyang
memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Kata manajemen mungkin berasal
dari bahasa Italia (1561) maneggiare
yang berarti “mengendalikan,” terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang
berasal dari bahas Latin manus yang
berarti “tangan”. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa inggris
menjadi menagement, yang memiliki
arti seni melaksanakan dan mengatur.
Manajemen
dalam arti luas juga mempunyai pengertian sebagai perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian (P4) sumber daya organisasi
untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dalam arti sempit
adalah manajemen sekolah atau madrasah yang meliputi: perencanaan program
sekolah/madrasah, pelaksanaan program sekolah/ madrasah, kepemimpinan kepala
sekolah/madrasah, pengawas/evaluasi, dan sistem informasi sekolah/madrasah.
Pengertian
manajemen secara umum adalah ilmu dan seni dalam mengatur, mengelola, dan
mengkoordinasi yang bertujuan untuk melakukan suatu tindakan guna mencapai
tujuan.
2.
Konsep Dasar Manajemen
a.
Manajemen sebagai ilmu
Suatu
ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami
mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat
sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.
b.
Manajemen sebagai seni
Manajemen
adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal,
demikian pula demi kesejahteraan dan kebahagiaan bagi pimpinanan maupun pekerja
serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.
c.
Manajemen sebagai profesi
Manajemen
sebagai profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh
orang-orang yang memiliki keahlian dan keterampilan sebagai kader, pemimpin
atau manajer pada suatu organisasi/suatu perusahaan tertentu.
d.
Manajemen sebagai proses
Manajemen
adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian,
pengendalian, dimana dalam masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu
pengetahuan dan keahlian serta diikuti secara berurutan dan tujuan yang telah
ditetapkan.
3.
Fungsi Manajemen
Menurut
para ahli manajemen mempunyai banyak fungsi, namun hanya ada empat fungsi utama
dalam manajemen yaitu:
a.
Planning (Perencanaan)
Perencanaan
ialah sejumlah kegiatan yang ditentukan sebelumnya untuk dilaksanakan pada
suatu periode tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada
hakekatnya perencanaan adalah suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan
keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi. Sebagai salah satu fungsi
manajemen, perencanaan menempati fungsi pertama dan utama diantara
fungsi-fungsi manajemen lainnya. Tanpa adanya fungsi perencanaan fungsi seperti
pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tidak akan dapat berjalan.
Perencanaan
bertujuan untuk :
· Standar pengawasan, yaitu mencocokkan
pelaksanaan dengan perencanaannya
·
Mengetahui kapan pelaksanaan dan selesainya
suatu kegiatan
· Meminimalkan kegiatan-kegiatan yang tidak
produktif dan menghemat biaya, tenaga, dan waktu
Perencanaan bermanfaat
sebagai :
·
Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan
pihak terkait
·
Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi
·
Membantu manajer menyesuaikan diri dengan
perubahan lingkungan
b.
Organizing (Pengorganisasian)
Secara umum pengorganisasian
adalah proses kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan secara
efektif dan efisien. Jadi dalam setiap organisasi terkandung tiga unsur, yaitu
kerja sama, dua orang atau lebih, dan tujuan yang hendak dicapai. Proses
pengorganisasian menyangkut proses bagaimana strategi dan taktik yang telah
dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang
tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat
memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan
efisien guna pencapaian organisasi.
c.
Actuating (Pengarahan)
Pengarahan adalah suatu
proses pembimbingan, pemberian petunjuk, dan instruksi bawahan agar mereka
bekreja sesuai dengan rencana yang ditetapkan.
Tujuan Pengarahan :
·
Menjamin kontinuitas perencanaan
·
Membudayakan prosedur standar
·
Membina disiplin kerja
·
Membina motivasi terarah
d.
Controlling (Pengawasan)
Controlling
atau pengawasan sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi
manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi
sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan
maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula. Dalam melaksanakan
kegiatan controlling, atasan mengadakan pemeriksaan, mencocokan, serta
mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana
yang telah ditetapkan serta tujuan yang ingin dicapai.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari kesimpulan
di
atas dapat disimpulkan bahwa ilmu manajemen sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,
karena manajemen mempunyai peranan penting, dan saling keterkaitan antara satu dengan
yang lainnya. Serta
fungsi manajemen dapat dijadikan acuan oleh para pemimpin seperti manajer,
pimpinan perusahaan, serta presiden sekali pun.
B. Saran
Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari para pembaca disarankan
:
1. Mengaplikasikan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menghargai waktu serta membuat perencanaan hidup atau yang
lainnya dalam masa yang akan datang.
3. Belajar mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi,
serta memimpin diri/ kelompok.
DAFTAR PUSTAKA
Prof.
Dr. Husaini Usman, M.Pd, M.T. 2009. Manajemen,
Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sabardi,
Agus. 2001. Manajemen Pengantar Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Siswanto.
2005. Pengantar Manajemen. Bandung:
Bumi Aksara
Sule
dan Saefullah. 2005. Pengantar Manajemen
Edisi Pertama. Jakarta: kencana
Wijayanto,
dian. 2012. Pengantar Manajemen.
Jakarta: Gramedia
[1]Staff
Dosen Manajemen Pendidikan FIP-UNJ: Jurnal untuk Peningkatan Mutu (Jakarta: Penerbit
Jurusan Manajemen Pendidikan FIP-UNJ, September 2014), 129
0 komentar:
Posting Komentar